ESSAY

Writer / NIM
NAWIN A. LANTU / 911411010
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. Ir. SYARWANI CANON, M.Si / 0024076506
Advisor 2 / NIDN
RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstract
Nawin A. Lantu. 2015. Komparasi Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Di SMA Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Kosentrasi Pendidikan Ekonomi Akuntansi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Ir. Syarwani Canon, M.Si. dan Pembimbing II Radia Hafid, S.Pd., M.Si. Masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan penggunaan model pembelajaran problem based learning dengan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS ekonomi di SMA Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X4 dan X5 berjumlah 52 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen (X1)= 77.12 sedangkan kelas eksperimen (X2) = 73.27 dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen (X1) dan (X2). saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu model pembelajaran problem based learning dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran di sekolah untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Discovery Learning, dan Hasil Belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011