ESSAY

Writer / NIM
YUNINGSIH S.DATAU / 911411022
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
SUPARDI NANI, SE., M.Si / 0017077601
Advisor 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstract
ABSTRAK Yuningsi S. Datau. NIM. 911 411 022. "Pengaruh Status Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa untuk Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi (Studi Penelitian di SMA Negeri 4 Gorontalo)". Program studi pendidikan ekonomi. Konsentrasi akuntansi. Jurusan pendidikan ekonomi. Fakultas ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan bapak Supardi Nani, SE, M.Si dan Agil Bahsoan, S.Ag, M.Ag. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh status sosial ekonomi keluarga terhadap motivasi belajar siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi di SMA Negeri 4 Gorontalo. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan tujuan untuk memberikan gambaran positif antara status sosial ekonomi keluarga terhadap motivasi belajar siswa dalam melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji persyaratan dan uji hipotesis yang meliputi analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh status sosial ekonomi keluarga secara signifikan dengan motivasi belajar siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi di SMA Negeri 4 Gorontalo. Koefisien determinasi (r2 = 0,196) atau 19,60%. Hal ini menunjukkan bahwa motivasi belajar untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi dipengaruhi oleh status sosial ekonomi keluarga sedangkan sisanya 80,40% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata kunci: Status Sosial, Motivasi Belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011