Writer / NIM
ASTUTI / 911411079
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Advisor 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstract
ABSTRAK
Astuti. NIM. 911 411 079. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Strategi Explicit Instruction Pada Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Di Smk Gotong Royong Telaga Kabupaten Gorontalo. SkripsiProgram Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Dra. Irina Popoi, M.Pd dan Pembimbing II IbuMelizubaida Mahmud, S.Pd, M.Si.
Tujuan utama dalam penelitian ini adalah "untuk meningkatka jasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Strategi Explicit Instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan di SMK Gotong Royong Kabupaten Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan model pembelajaranExplisit Instruction yang dibagi dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pengunaan model pembelajaran Explisit Instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMK Gotong Royong kelas XII tahun ajaran 2017/2018 pada pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus II yaitu dari 60.71% menjadi 89.28% atau rata-rata kelas 72.85% pada siklus 1 menjadi 80.64% pada siklus II.
Hasil penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Explisit Instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di SMKGotong Royong Telaga Kabupaten Gorontalo, dan dapat dijadikan sebagai salah satu alternativ dalam peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan.
Kata Kunci :Hasilbelajarsiswa, Model Pembelajaran Explisit Instruction.
Download files