ESSAY

Writer / NIM
ISMAIL MAROLA / 911411096
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dr. Dra. Ha. SRI ENDANG SALEH, M.Si / 0013096708
Advisor 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstract
Ismail Marola, NIM: 911 411 096 Penerapan Metode Penugasan dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri I Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh DR. Sri Endang Saleh, M.Si (Pembimbing I) dan Melizubaida Mahmud, S.P, M.Si (Pembimbing II). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bulango Utara melalui penggunaan metode pemberian, tugas dengan pokok bahasan bahasan permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga pasar. Metode penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan indikator kinerja sebesar 85%. Hasil belajar siswa pada siklus I dari 25 orang siswa yang dikenai tindakan memperoleh nilai minimal 70 berjumlah 17 orang atau 68 %, sedangkan yang memperoleh nilai kurang dari 70 berjumlah 8 orang atau 32 %. Karena belum memenuhi indikator kinerja yang ditetapkan maka dilanjutkan ke siklus berikutnya. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 25 siswa yang dikenai tindakan 23 orang atau 92% memperoleh nilai 70 keatas dengan nilai rata-rata 80,50%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian yang berbunyi jika digunakan metode penugasan maka hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri Bulango Utara pada mata pelajaran IPS akan meningkat terbukti dan dapat diterima. Kata kunci : Metode Penugasan dan Hasil belajar siswa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011