ESSAY

Writer / NIM
ARLAN TANGAHU / 911411098
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Advisor 2 / NIDN
FITRI HADI YULIA AKIB, SE, ME / 0025078201
Abstract
ABSTRAK Arlan Tangahu. 2016 Nim 911 411 098 "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Metode Pembelajaran Debat pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri Batudaa Kabupaten Gorontalo". Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawa bimbingan Bapak Dr. H. Usman Moonti, M.Si pembimbing 1 dan Ibu Hj. Fitri Hadi Yulia Akib, SE, ME pembimbing II. Dan Ibu Dra. Irina Popoi, M.Pd penguji 1 dan Bapak Rustam Tohopi, S.Pd, M.Si. penguji II. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menerapkan metode pembelajaran debat pada mata pelajaran ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar yang belum sesuai target yang diharapkan antara lain disebabkan oleh beberapa aspek kegiatan mengajar guru yang belum terlaksana secara optimal pada siklus I. setelah dilakukan perbaikan dan penyempurnaan aspek-aspek kegiatan belajar mengajar, pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan pelaksanaan siklus I yang menunjukkan bahwa dari 22 siswa dikelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri Batudaa tahun 2015/2016 yang dikenai tindakkan belum memperoleh nilai 75. Pada siklus II meningkat menjadi 19 orang siswa (86,37%) dengan rata-rata 80,69. Berdasarkan data analisis nilai yang diperoleh dengan menerapkan metode pembelajaran Debat pada mata pelajaran Ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan 3 orang siswa yang belum tuntas akan di remedial. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Metode Pembelajaran Debat.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011