ESSAY

Writer / NIM
ENI ENRIANA / 911411101
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Advisor 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstract
ABSTRAK Eni Enriana 911 411 101. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Take And Give Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Bolango Ulu Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo". Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd dan Pembimbing II Ibu Melizubaida Mahmud, S.Pd, M.Si. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran cooperative take and give pada mata pelajaran ekonomi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, tes, dokumentasi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2017-2018 di kelas X SMA Negeri 1 Bolango Ulu dengan sampel 22 orang siswa. Permasalahan yang ditemui di kelas antara lain, metode yang di terapkan guru masih kurang sesuai dengan materi yang diajarkan, kurangnya kerjasama antara guru dengan siswa dan kurangnya perhatian siswa dalam proses belajar. Dalam pembelajaran siswa dibagi dalam kelompok-kelompok kecil, setiap siswa mempunyai kartu control yang berisi soal berbeda-beda. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan bahwa 12 siswa atau 54,55% siswa yang dinyatakan tuntas sedangkan 10 siswa atau 45,45% yang belum tuntas. Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari hasil analisis tes diperloleh 19 siswa atau 86,36% yang dinyatakan tuntas dan 3 siswa atau 13,64% yang tidak tuntas. Hal ini menunjukan tercapainya belajar pada siklus II. Kata kunci: Take and Give, hasil belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011