ESSAY

Writer / NIM
LENI MARLINA MAHMUD / 911411134
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Advisor 2 / NIDN
SRI INDRIYANI S DAI, SE, ME / 0024018402
Abstract
ABSTRAK LENI MARLINA, NIM 911 41 134. "Penggunaan Cooperative Integreted Reading And Composition Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Kota Gorontalo. Skripsi. Dibawah Bimbingan Bapak Dr Hamzah Yunus, M.Pd Dan Ibu Sri Indriyani S. Dai SE, M.Si. Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo, tahun 2015 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan Penggunaan Cooperative Integreted Reading And Composition dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sedangkan yang dijadikan Hipotesis penelitian tindakan ini adalah "jika guru menggunakan Penggunaan Cooperative Integreted Reading And Composition dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran Ekonomi, maka hasil belajar siswa pada kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 gorontalo akan meningkat", dengan indikator penelitian : dimana bila siswa memperoleh nilai atau hasil belajar mengalami ketuntasan yaitu 75 akan meningkat dari 40% menjadi 80%. Hasil belajar yang belum sesuai dengan yang diharapkan antara lain disebabkan oleh beberapa aspek kegiatan guru, yang belum terlaksana secara optimal pada siklus I. setelah dilakukan perbaikan dan penyempurnaan aspek-aspek kegiatan belajar mengajar, pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa berdasarkan pada hasil pengamatan pelaksanaan siklus II yang menunjukkan bahwa dari 22 siswa dikelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Gorontalo tahun 2014/2015 yang dikenai tindakkan memperoleh nilai 75 keatas terdapat 19 orang siswa dengan rata-rata 82,18%. Berdasarkan data analisis nilai yang diperoleh dengan Penggunaan Cooperative Integreted Reading And Composition pada mata pelajaran Ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Cooperative Integreted Reading And Composition.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011