ESSAY

Writer / NIM
SABRINA IBRAHIM / 911411135
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Advisor 2 / NIDN
Drs. RUSLI ISA, M.Si / 0006076604
Abstract
ABSTRAK Sabrina Ibrahim, NIM 911 411 135. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango". Skripsi. Dibawah Bimbingan Ibu Meyko Panigoro,S.Pd.,M.Pd Dan Bapak Drs. Rusli Isa, M.Si.. Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo 2015 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT pada mata pelajaran IPS terpadu dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hipotesis penelitian tindakan kelas ini adalah "Berdasarkan hal-hal yang menjadi latar belakang dan kajian teoritis yang telah dipaparkan, maka hipotesis untuk penilitian ini adalah: "jika guru menggunakan model kooperatif tipe NHT, maka hasil belajar siswa kelas X SMA NEGERI SUWAWA akan meningkat" dengan indikator penelitian : bila siswa memperoleh nilai atau hasil belajar mengalami ketuntasan yaitu 75 akan meningkat dari 40% menjadi 75%. Hasil belajar yang belum sesuai dengan yang diharapkan antara lain disebabkan oleh beberapa aspek kegiatan guru yang belum terlaksana secara optimal pada siklus I. setelah dilakukan perbaikan dan penyempurnaan aspek-aspek kegiatan belajar mengajar, pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa berdasarkan pada hasil pengamatan pelaksanaan siklus 2 yang menunjukkan bahwa dari 28 siswa dikelas X-4 SMA Negeri 1 Suwawa tahun 2014/2015 yang dikenai tindakkan memperoleh nilai 75 keatas terdapat 24 orang siswa (85,7%) dengan rata-rata 80,44%. Berdasarkan data analisis nilai yang diperoleh dengan menggunakan Model pembelajaran NHT pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011