ESSAY

Writer / NIM
FEMY P. HUSAIN / 911411144
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Advisor 2 / NIDN
FRAHMAWATI BUMULO, SE.,M.Si / 0031127801
Abstract
ABSTRAK Femy P. Husain. Nim. 911 411 144 "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Question Students Have, Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII-1 SMP Negeri 14 Kota Gorontalo". Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi,Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi ,Universitas Negeri Gorontalo. Bapak Dr.H.Usman Moonti,M.Si selaku pembimbing 1 dan Ibu Frahmawati Bumulo,SE,M.Si selaku pembimbing 2. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan rumusan masalah "Apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe question student have pada mata pelajaran IPS Kelas VIII-1 SMP Negeri 14 Kota Gorontalo akan meningkatkan hasil belajar siswa ?".Tujuan penelitian adalah Meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe question student have pada mata pelajaran IPS Terpadu SMP Negeri 14 Kota Gorontalo. Hipotesis dari penelitian tindakan kelas ini berbunyi: "Jika dalam proses belajar Guru menggunakan model pembelajaran Question Student Have pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 14 Kota Gorontalo, maka hasil belajar siswa akan meningkat", dapat diterima, Penerimaan ini didasarkan pada hasil tindakan yang telah dilakukan dengan dua siklus tindakan. Tindakan pertama dilakukan melalui siklus I (satu) menjadi 59,91%. Karena belum sesuai dengan harapan maka perlu dilakukan dengan siklus 2. Setelah dilakukan siklus 2 (dua), maka hasilnya menjadi 81,18%. Hasil pengamatan kegiatan guru meningkat dari 69,22% pada siklus I (satu) menjadi 100% pada siklus 2 (dua). Hasil pengamatan kegiatan siswa juga meningkat dari 46,85% pada siklus I (satu) menjadi 91,69% pada siklus 2 (dua). Dengan demikian hasil tindakan dihentikan, karena hasil tindakan sudah sesuai dengan yang diharapkan. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Question Student Have
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011