Writer / NIM
VEBRIYANTO ALBAKIR / 911411164
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. Ir. SYARWANI CANON, M.Si / 0024076506
Advisor 2 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Abstract
ABSTRAK
Vebriyanto Albakir. NIM. 911411164. KomparasiHasilBelajarSiswaAntaraPenggunaanModel Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair And Share (TPS) Dengan Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Perbankan(Penelitian Pada SiswaKelas X Akuntansi SmkNegeri 1 Limboto). SKRIPSI. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Prof. Dr. Ir. Syarwani Canon, M.Si dan pembimbing II, Meyko Panigoro, S.Pd, M.Pd. 2015
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) dan Student Teams Achivement Division (STAD) pada mata pelajaran dasar-dasar perbankan di kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Limboto.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian Two Group Post Test dengan populasi seluruh siswa akuntansi SMK Negeri 1 Limboto tahun pelajaran 2015/2016. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X Akuntansi 1 dan kelas X Akunatnsi 2. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data yakni observasi, tes dan dokumenter. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas data, uji homogenitas data dan uji t.
Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achivement Division (STAD).
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair And Share (TPS), Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devision (STAD).
Download files