Writer / NIM
HESTIN YAHYA / 911411181
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Advisor 2 / NIDN
ERMAN I RAHIM, S.Pd., MH / 0024127004
Abstract
ABSTRAK
Hestin Yahya. 911 411 181. 2015. Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IX Di SMP Muhammadiyah 3 kota Gorontalo. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi.Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Ibu Meyko Panigoro, S.pd., M.pd dan Bapak Erman Rahim, S.pd., MH.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari Kreativitas Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa. Populasi dalam penelitian ini yakni para Guru dan Siswa SMP Muhammadiyah 3 kota Gorontalo. Pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 54 orang. Pengumpulan data penelitian menggunakan instrumen angket penelitian yang disebarkan kepada responden yang telah memenuhi standar sampel. Kemudian pengolahan data menggunakan bantuan program SPSS 21.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kreativitas Guru berpengaruh signifikan Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Muhammadiyah 3 kota Gorontalo.Dapat pula dilihat bahwa kemampuan variabel-variabel bebas dalam menjelaskan variabel terikat yakni baik dengan nilai koefisien determinasi 64,9%.
Kata Kunci: Kreativitas Guru, Hasil Belajar Siswa, SMP Muhammadiyah
Download files