ESSAY

Writer / NIM
MUHAMAD ANDRI BASALAMA / 911412001
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Advisor 2 / NIDN
RUSTAM TOHOPI, S.Pd., M.Si / 0024037905
Abstract
ABSTRAK MUHAMAD ANDRI BASALAMA. Nim 911 412 001. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Penggunaan Model Problem Based Leraning Pada Mata Pelajaran ekonomi Sma Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo" Skripsi.Kosentrasi Pendidikan akuntansi program studi Pendidikan Ekonomi jurusan Pendidikan Ekonomi ,Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing II Rustam Tohopi, S.Pd, M.Si dan pembimbing I Dra. Hj. Salma Bowtha., M.Pd Pelaksanaan penelitian ini didasarkan pada rumusan masalah Apakah guru dalam pembelajaran ekonomi dengan menggunakan Model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS1 di SMA Negeri 1 Tapa Provinsi Gorontalo. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan didasarkan pada hasil survey yang telah dilaksanakan oleh peneliti pada bulan Juni 2015 dengan subyek penelitian dikelas XI IPS1 berjumlah 26 orang laki-laki 15 orang, perempuan 11 orang. Variabel penelitian terdiri variabel input, proses dan output. Tahap penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, analisis dan refleksi.Teknik pengumpulan data yakni lembar pengamatan untuk mengamati kegiatan guru dan siswa, serta lembar tes untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa. Teknik analisis data dilaksanakan secara kuantitatif pada setiap akhir siklus pembelajaran dengan menggunakan data hasil observasi kegiatan guru dan aktivitas belajar siswa serta data hasil belajar siswa. Sebagai kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah hipotesis penelitian yang berbunyi: jika guru mengajar menggunakan model problem based learning pada pembelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS1 SMA Negeri 1 Tapa hasil belajar siswa akan meningkat. Dapat diterima karena didukung dengan hasil belajar siswa yang meningkat pada tahap observasi awal hasil belajar hanya 30,77 % setelah dilakukan siklus I meningkat menjadi 57,70 % dan meningkat lagi setelah dilakukan siklus II menjadi 80,77 %. Kata kunci:Hasil Belajar Siswa dan Model problem based leraning.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011