ESSAY

Writer / NIM
RAHMATIA RAMONA BAHUA / 911412007
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Advisor 2 / NIDN
DR. MUCHTAR AHMAD, S.Pd, M.Si / 0004057805
Abstract
ABSTRAK Rahmatia Ramona Bahua, Nim 911 412 007. "Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Kelas XI IPS 1 Di Sma Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo". Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. H. Usman Moonti, M.Si, Pembimbing II Dr. Muchtar Ahmad, S.Pd, M.Si. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan rumusan masalah "Apakah Meningkat Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Di Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Hipotesis penelitian adalah "Jika digunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran IPS ekonomi, maka hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Telaga Biru Akan meningkat", dengan indikator penelitian : dimana bila siswa yang memperoleh hasil belajar 80 diharapkan meningkat dari 46.15% menjadi 80%. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMA Negari 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo, dengan objek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 25 siswa terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 (dua) siklus. Variabel output dari penelitian ini berupa peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 yang memperoleh nilai 80 keatas pada mata pelajaran IPS Ekonomi dari 46.15% menjadi minimal 80%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan selama 2 (dua) siklus, bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPS Ekonomi di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Hal ini dapat di lihat dari hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I siswa yang tuntas dengan presentase (44%). Setelah dilakukan penyempurnaan pada siklus II telah mengalami peningkatan dengan presentase (84%) siswa yang tuntas. Sehingga penelitian ini dapat di terima. Kata Kunci: Hasil Belajar Dan Model Pembelajaran Jigsaw.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011