ESSAY

Writer / NIM
HARTATI / 911412030
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Advisor 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstract
ABSTRAK Hartati. 2016. "Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Studi Prakarya Dan Kewirausahaan di Kelas X TBP1 SMK Gotong Royong Telaga Kabupaten Gorontalo Provinsi Gorontalo" skripsi. Kosentrasi perkantoran program studi pendidikan ekonomi jurusan pendidikan ekonomi, fakultas ekonomi, universitas negeri gorontalo. Pembimbing I Ibu Meyko panigoro, S.Pd. M.Pd dan pembimbing II Bapak Roy Hasiru, S.Pd. M.Si. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan metode demonstrasi pada bidang studi Prakarya dan Kewirausahaan di Kelas X TBP1 SMK Gotong Royong Telaga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini diawali dengan observasi awal, hasil observasi awal menunjukan terdapat 14 siswa atau 63,64% memperoleh nilai dibawah 78, sedangkan 8 siswa atau 36,36% memperoleh nilai diatas 78. Kemudian dilakukan pemberian tindakan. Penelitian dilaksanakan dalam 2 kali siklus. Hasil analisis pada siklus I menunjukan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa yang dikenai tindakan yakni 22 siswa terdapat 9 siswa atau 40,90% yang memperoleh nilai 78 ke atas, sedangkan 13 siswa atau 59,09% merupakan nilai dibawah 78. Presentase ketuntasan tersebut meningkat pada siklus II, dimana 18 dari 22 siswa atau 81,81% dinyatakan tuntas belajar. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada bidang studi Prakarya dan kewirausahaan di kelas X TBP1 SMK Gotong Royong Telaga. Dengan demikian hipotesis penelitian yag berbunyi:"Jika diterapkan metode demonstrasi maka hasil belajar siswa pada bidang studi Prakarya dan kewirausahaan di kelas X TBP1 SMK Gotong Royong Telaga akan mengalami peningkatan", dapat diterima. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa dan penerapan metode demonstrasi
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011