ESSAY

Writer / NIM
AGUSTIN OTTO / 911412031
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Advisor 2 / NIDN
RUSTAM TOHOPI, S.Pd., M.Si / 0024037905
Abstract
ABSTRAK Agustin Otto. 911412031. âMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Ips SMA Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo Provinsi Gorontaloâ. Skripsi Prodi Pendidikan Ekonomi Perkantoran, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo 2016. Pembimbing I Ibu Meyko Panigoro, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Bapak Rustam Tohopi, S.Pd, M.Si. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS3 SMA Negeri 1 Telaga dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Ekonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini diawali dengan observasi awal, kemudian dilakukan pemberian tindakan. Penelitian dilaksanakan dalam 2 kali siklus. Teknik analisis datanya deskriptif presentasi. Hasil analisis pada siklus I menunjukan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa yang dikenai tindakan yakni 27 siswa terdapat 10 siswa atau 36% yang memperoleh nilai 75 ke atas, sedangkan 17 siswa atau 64% merupakan nilai dibawah 75. Presentase ketuntasan tersebut meningkat pada siklus II, dimana 24 dari 27 siswa atau 88% dinyatakan tuntas belajar. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS3 di SMA Negeri 1 Telaga pada mata pelajaran Ekonomi dan dapat dijadikan sebagai salah satu alternative dalam peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Dengan demikian hipotesis tindakan yang berbunyi:â jika guru menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi dikelas X IPS3 SMA Negeri 1 Telaga akan mengalami peningkatan hasil belajar siswaâ, dinyatakan diterima. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, dan Model Pembelajaran Problem Based Learning.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011