ESSAY

Writer / NIM
TAUFIK KOLU / 911412048
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Advisor 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstract
ABSTRAK Taufik Kolu, Nim : 911412048, Skripsi."Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan PembelajaranKooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Mata Pelajaran IPSTerpadu Di SMP Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Program Studi S1 Pendidikan ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo 2019. Dibawah Bimbingan Bapak Dr. Hi. Usman Moonti, M.Si Selaku Pembimbing I dan Bapak Hi. Agil Bahsoan, S.Ag, M.Ag Selaku Pembimbing II. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu melalui pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement Division (STAD) pada kelas VIII-8Di SMP Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Metode penelitian yang digunakan adaalah penelitian tindakan kelas (PTK), sampel penelitian berjumlah 27 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan II. Hasil analisis pada siklus I yaitu menunjukan bahwa ketuntasan belajar siswa yang menggunakan tindakan dari 27 orang siswa terdapat 9 orang siswa (33%) memperoleh nilai 75 sedangkan 18 orang siswa (67%) memperoleh nilai 75. Presentase ketuntasan tersebut meningkat pada siklus II dimana 27 orang siswa yang dikenai tindakan yang mencapai ketuntasan adalah 22 orang siswa (81%) memperoleh nilai 75 dan 5 orang sisanya (19%) meperoleh nilai kurang dari 75. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 77,77% dalam kategori baik. Padas iklus II meningkat menjadi 95,05%dalam kategori sangat baik. Peningkatan Hasil belajar siklus I dan Siklus II sebesar 17,28%. Kata Kunci :Pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement Division (STAD) dan Hasil Belajar.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011