ESSAY

Writer / NIM
INDREE B. WELIANG / 911412050
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Advisor 2 / NIDN
RUSTAM TOHOPI, S.Pd., M.Si / 0024037905
Abstract
ABSTRAK Indree B Weliang, 911412050 "Perbedaan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Strategi Pembelajaran MURDER dan Konvensional Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Ips Di SMA Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango" Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, 2016. Pembimbing (I) Meyko Panigoro, S.Pd, M.Pd dan Rustam Tohopi, S.Pd, M.Si selaku pembimbing (II). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan strategi pembelajaran MURDER dan konvensional pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Data yang digunakan dalam penelitian yaitu hasil belajar siswa kelas XI IPS1 sebagai kelas MURDER dan kelas XI IPS2 sebagai kelas pembelajaran konvensional. Perbedaan hasil belajar siswa lebih tinggi kelas yang menggunakan strategi pembelajaran MURDER yaitu dengan rata-rata nilai 81,95 dibandingkan dengan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional yaitu dengan rata-rata nilai 79,23. Hasil uji kesamaan dua rata-rata untuk mengetahui perbedaan signifikan antara kelas strategi pembelajaran MURDER dan kelas pembelajaran konvensional yang diperoleh dengan uji t dimana harga thitung sebesar 2,76 sedangkan dari daftar distribusi t pada taraf nyata 1% diperoleh t(0,995)(44) adalah sebesar 2,69. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa melalui penggunaan strategi pembelajaran MURDER dan konvensional pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Kata kunci: Hasil Belajar Siswa, Strategi MURDER dan Konvensional.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011