ESSAY

Writer / NIM
RIYANTI R. LARO / 911412051
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Advisor 2 / NIDN
BADRIYYAAH DJULA, S.Pd, M.Pd / 0016087003
Abstract
ABSTRAK Riyanti R. Laro, 911412051, Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMK Pariwisata Bubohu Kabupaten. Gorontalo, Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Bapak Dr. Hamzah Yunus, M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Badriyyah Djula, S.Pd, M.Pd selaku Pembimbing II. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan rumusan masalah: "Seberapa besar pengaruh antara kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa di SMK Pariwisata Bubohu Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif korelasi dengan jumlah sampel 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi, wawancara, dan angket. Sebagai kesimpulan dari penelitian adalah persamaan regresi yaitu = 20,82 + 0,62X. Hal ini berarti setiap terjadi perubahan sebesar satu unit variabel X (kompetensi pedagogik guru), maka akan diikuti oleh perubahan rata-rata variabel Y (motivasi belajar siswa) sebesar 0,62 dan ini berarti setiap terjadi perubahan pada indikator kompetensi pedagogik guru, maka akan diikuti oleh perubahan rata-rata indikator motivasi belajar siswa di SMK Pariwisata Bubohu Kabupaten Gorontalo. (2) Pengujian linieritas persamaan regresi diperoleh harga Fhitung = 0.40 sedangkan dari daftar distribusi frekuensi diperoleh Fdaftar = 2,77. Ternyata harga Fhitung lebih kecil dari harga Fdaftar, sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi hasil perhitungan data penelitian itu berbentuk linier. (3) Hasil pengujian keberartian atau signifikan persamaan regresi diperoleh harga Fhitung = 14,81 dan dari daftar distribusi frekuensi diperoleh harga Fdaftar = 4,20. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa. (4) kompetensi pedagogik guru dalam proses pembelajaran memberikan kontribusi terhadap motivasi belajar siswa sebesar 34,57% dan sisanya sebesar 65,43% dipengaruhi oleh variabel lain seperti lingkungan belajar siswa, penerapan kurikulum 2013, model pembelajaran dan lain sebagainya. Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik Guru, Motivasi Belajar Siswa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011