ESSAY

Writer / NIM
SITY DHEA SEPTANIA TANGAHU / 911412095
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Advisor 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstract
ABSTRAK Sity Dhea Septania Tangahu. Nim 911412095. 2018. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah dan Metode Pembelajaran Konvensional Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di SMP Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Dr. H. Usman Moonti, M.Si (Pembimbing I) dan Agil Bahsoan, S.Ag, M.Ag (Pembimbing II). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam perbandingan hasil belajar siswa melalui penerapan metode pembelajaran berbasis masalah dan metode pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di SMP Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbandingan hasil belajar siswa melalui penerapan metode pembelajaran berbasis masalah dan metode pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPS terpadukelas VIII di SMP Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango?. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbandingan antara hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah dan metode pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Terpadu kelas VIII di SMP Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango", dinyatakan terbukti dan diterima secara ilmiah. Hal ini sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis bahwa thitung berada diluar daerah penerimaan Ho, sehingga Ho ditolak dan HA diterima, yang berarti terjadi perbedaan dalam hal hasil belajar siswa antara kelas yang menerapkan metode pembelajaran berbasis masalah dengan kelas yang menerapkan metode pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Berbasis Masalah, Metode Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar Siswa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011