ESSAY

Writer / NIM
GUSTIN HASAN / 911412108
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Advisor 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstract
ABSTRAK Gustin Hasan, Nim 911 412 108 "Uji Komparatif Hasil Belajar Siswa Antara Model Pembelajaran Cooperatative Tipe Integrated Reading Coomposition (CIRC) Dengan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Mata Pelajaran IPS-Ekonomi Kelas VII SMP Negeri 1 Bulango Utara Tahun 2016/2017". Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan bapak Dr. H. Usman Moonti, M.Si dan Melizubaida Mahmud, S.Pd, M.Si selaku pembimbing I dan pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Uji Komparatif Hasil Belajar Siswa Antara Model Pembelajaran Cooperatative Tipe Integrated Reading Coomposition (CIRC) Dengan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Numbered Heads Together (NHT). penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan analisis perbandingan dua rata-rata, sampel dalam penelitian ini berjumlah 55 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara dua kelas yang menggunakan metode belajar ini.Hasil ini didukung dengan nilai post test yang didapat dari hasil pengamatan dimana untuk kelas yang menggunakan metode CIRC, rata-rata hasil belajar adalah sebesar 83,54. Sedangkan untuk kelas yang menggunakan metode NHT, diperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 82,59. Berdasarkan hasil ini dapat disimpulkan bahwa kedua metode tersebut memberikan dampak yang relatif sama terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci : Model Pembelajaran Cooperatative Tipe Integrated Reading Coomposition (CIRC) Dengan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Numbered Heads Together (NHT).
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011