ESSAY

Writer / NIM
SELIN MOODUTO / 911412112
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Advisor 2 / NIDN
FRAHMAWATI BUMULO, SE.,M.Si / 0031127801
Abstract
ABSTRAK Selin Mooduto. 911 412 112. 2016. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Metode Diskusi Dan Metode Active Debate Di Sma Negeri 1 Bonepantai Kabupaten Bone Bolango. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Bapak Dr. Hamzah Yunus, M.Pd dan Ibu Frahmawati Bumulo, SE.,M.Si Peningkatan hasil belajar siswa salah satunya dipengaruhi oleh peranan guru dalam mengelolah pembelajaran. Guru harus dapat memilih metode pembelajaran yang cocok untuk materi yang akan diajarkan karena metode yang baik dalam menyampaikan materi akan menambah minat siswa untuk memperhatikan materi yang disampaikan. Dengan memperhatikan metode yang ada dan sesuai dengan materi yang diajarkan tentunya akan mempengaruhi minat siswa dalam belajar yang implikasinya pada hasil belajar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan Hasil Belajar Siswa Ditinjau Dari Penggunaan Metode Diskusi Dan Metode Active Debate di SMA Negeri 1 Bonepantai Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian ini yani eksperimen sehingga sebelum mendapatkan data peneliti melakukan kegiatan eksperimen yakni mengajar dengan 2 metode pembelajaran yakni metode pembelajaran diskusi dan active debate pada mata pelajaran IPS Ekonomi pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Bone Pantai Kabupaten Bone Bolango. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada tingkat kepercayaan 99%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi "hasil belajar siswa dengan menggunakan Metode Pembelajaran Diskusi tidak sama nilainya dengan hasil belajar siswa yang menggunakan Metode Pembelajaran Active Debate (Debat Aktif) pada mata pelajaran IPS Ekonomi di kelas X Akuntasni SMA Negeri 1 Bone Pantai Kabupaten Bone Bolango. rata-rata Metode Pembelajaran Diskusi yang lebih besar dari Metode Pembelajaran Active Debate (Debat Aktif) (82,52 > 78,07). Hal ini karena Metode Pembelajaran Diskusi memiliki berbagai kelebihan dibandingkan dengan Metode Pembelajaran Active Debate (Debat Aktif). Kata Kunci: Diskusi, Active Debate, Hasil Belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011