ESSAY

Writer / NIM
SAKINA / 911412129
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Advisor 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstract
ABSTRAK Sakina, NIM 911 412 129 âMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Model Pembelajaran Number Heads Together (NHT) Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Una-una Kabupaten Tojo Una-unaâ. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, 2016. Pembimbing (I) Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd dan Melizubaida Mahmud, S.Pd, M.Si selaku pembimbing (II). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran Kebutuhan manusiadi kelas X IPS D. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dibagi dalam dua siklus dan masing-masing dilaksanakan dalam dua tahapan. Pada tahap awal dilaksanakan pada tanggal 2 Mei 2016 dengan subjek penelitian dikelas X IPS-D berjumlah 16 orang siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar siswa yang dilakukan secara bersiklus. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis untuk memperoleh rata-rata daya serap siswa guna mengetahui ketuntasan hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa setelah dilakukan tindakan kelas melalui model pembelajaran Numbered Heads Togethet (NHT) pada siswa kelas X-D SMA Negeri 1 Una-una diperoleh peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Kebutuhan manusia dari siklus I ke siklus II yaitu dari 61,11% menjadi 88,33%. dengan demikian hipotesis tindakan yang telah dirumuskan yakni â Jika menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Togethet (NHT) pada mata pelajaran IPS Ekonomi kelas X-D di SMA Negeri 1 Una-una, maka hasil belajar siswa akan meningkatâ telah terujiâ. Kata kunci: Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Dan Hasil Belajar Peserta Didik.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011