ESSAY

Writer / NIM
ASTIEN NOHO / 911412139
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Hj. IRAWATI ABDUL, SE, M.Si / 0009027402
Advisor 2 / NIDN
RUSTAM TOHOPI, S.Pd., M.Si / 0024037905
Abstract
ABSTRAK Astien Noho. Nim: 911 412 139. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT(Teams Games Tournament) Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII2 Di SMP Negeri 14 Gorontalo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Hj. Irawati Abdul, SE, M.Si dan Pembimbing II Rustam Tohopi, S.Pd.,M.Si Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Metode ini dimaksudkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII2 di SMP Negeri 14 Gorontalo. Dengan jumlah siswa 30 orang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh data dari 30 siswa yang mendapatkan nilai diatas 75 sebanyak 13 orang atau 43,33 % dan yang mendapat nilai dibawah 75 sebanyak 17 orang atau 56,67%. Pada siklus II, meningkat sebanyak 24 orang atau 80 %, sedangkan yang mendapat nilai terendah sebanyak 6 orang atau 20 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VII2 Di SMP Negeri 14 Gorontalo hasil belajar siswa meningkat sesuai dengan hipotesis tindakan. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament).
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011