ESSAY

Writer / NIM
MIRAWATI KROMPOT / 911412143
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Advisor 2 / NIDN
IVAN RAHMAD SANTOSO, SE.I, MSI / 0002098302
Abstract
ABSTRAK Mirawati Korompot, NIM 911 412 143. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran IPS Ekonomi dikelas X-1 SMA Negeri 3 Gorontalo Utara". Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I,Meyko Panigoro, S.Pd, M.Pd. Pembimbing II Ivan R. Santoso, SEI, MSi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan rumusan masalah "Apakah melalui model pembelaran Problem Based Learning, dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi di kelas X-1 SMA Negeri 3 Gorontalo Utara ?". tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi di kelas X-1 SMA Negeri 3 Gorontalo Utara. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Gorontalo Utara, dengan subjek penelitian adalah kelas X-1 pada tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 27 orang siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 (dua) siklus. Variable output dari penelitian ini berupa meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-1 yang memperoleh nilai 75 keatas pada mata pelajaran IPS Ekonomi dari 36% menjadi minimal 75%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan selama 2 (dua) siklus, proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dimana pada observasi awal dari jumlah 27 orang siswa hanya 36% siswa yang memperoleh hasil belajar tuntas dengan nilai rata-rata diatas 75. Pada saat model pembelajaran dirubah dari ceramah menjadi model pembelajaran Problem Based Learning, hasil belajar siswa pada siklus 1 menunjukan nilai rata-rata kelas 75,74% dan ketuntasan klasikal 59,25%. Pada siklus 2 nilai rata-rata kelas meningkat 87,96% dan ketuntasan 88,89%. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi "jika guru menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi di kelas X-1 SMA Negeri 3 Gorontalo Utara akan meningkat dan dapat diterima". Kata kunci : Hasil Belajar Siswa, dan Model Pembelajaran Problem Based Learning
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011