ESSAY

Writer / NIM
DEWI VANA DJAKO / 911412145
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Advisor 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstract
ABSTRAK DEWI VANA DJAKO. Nim 911 412 145. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di Kelas VIII-G Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Di SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango". Skripsi. Konsentrasi Pendidikan Tataniaga Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. H. Rosman Ilato., M.Pd. dan Pembimbing II Melizubaida Mahmud, S.Pd., M.Si. Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah untuk lebih meningkatkan kualitas pengelolaan pembelajaran serta hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di Kelas VIII-G SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango melalui penggunaan model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan berdasarkan pada hasil survey yang telah dilaksanakan oleh peneliti pada bulan November 2015 dengan subjek penelitian di kelas VIII-G berjumlah 30 orang laki-laki 12 orang dan perempuan 18 orang. Variabel penelitian terdiri dari variabel input, proses dan output. Tahap penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data yakni lembar pengamatan untuk mengamati kegiatan guru dan kegiatan siswa, serta lembar tes untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa. Teknik analisis data dilaksanakan secara kuantitatif pada setiap akhir siklus pembelajaran dengan menggunakan data hasil observasi kegiatan guru dan aktivitas belajar siswa serta data hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian yang berbunyi: jika guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII-G di SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango maka hasil belajar siswa dapat meningkat, dapat diterima karena didukung dengan hasil belajar siswa pada tahap observasi awal hanya 43,33% setelah dilakukan siklus I meningkat menjadi 56,67% dan setelah dilaksanakan siklus II meingkat menjadi 86,67%. Kata kunci : Hasil Belajar Siswa dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011