ESSAY

Writer / NIM
RIDWAN LAGALUTU / 911412150
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Advisor 2 / NIDN
RUSTAM TOHOPI, S.Pd., M.Si / 0024037905
Abstract
ABSTRAK Ridwan Lagalutu, Nim 911 412 150. "Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI 1 Pada Mata Pelajaran Kearsipan SMK Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone bolango. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan ekonomi, Jurusan Pendidikan ekonomi, Fakultas ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. H. Usman Moonti, M.Si, Pembimbing II Rustam Tohopi, S.Pd M.si. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan rumusan masalah "Apakah dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI1 SMK Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Hipotesis Penelitian adalah "Jika menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran kearsipan dikelas XI1 SMK Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango akan meningkat". Dengan indikator penelitian : dimana bila siswa yang memperoleh hasil belajar 75 diharapkan meningkat dari 45.50% menjadi 75%. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa siswa kelas XI1 yang berjumlah 33 orang siswa pada aspek kognitif yang dinilai, hanya mencapai 45,50 %. Sementara pada saat dilakukan tindakan siklus I meningkat menjadi 57.58 %, hal ini masih belum sesuai dengan indikator capaian yakni KKM 75% sehingga setelah dilakukan tindakan siklus II maka kenaikan persentasenya sangat memuaskan yakni mencapai 81.82 %, dan hal ini tidak memerlukan tindakan siklus III. Berdasarkan keseluruhan hasil belajar yang telah dicapai dari kegiatan observasi awal, siklus I hingga siklus II menunjukkan dengan jelas bahwa penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble sebagai salah satu metode pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI1 SMK Negeri 1 Suwawa. Kata Kunci : Hasil Belajar dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011