ESSAY

Writer / NIM
APRIYANTI ABDUL / 911412160
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Advisor 2 / NIDN
HERWIN MOPANGGA, SE, M.Si / 0024037803
Abstract
ABSTRAK Apriyanti abdul. Nim 911412160. "Perbandingan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Saintifik Dan Metode Pembelajaran Konvensional Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango" Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. 2016. Di bawah bimbingan Dr. Hamzah Yunus, M.Pd selaku pembimbing I dan Herwin Mopangga, SE, M.Si selaku pembimbing II. Penelitian ini dilakukan berdasarkan Rumusan Masalah "Apakah terdapat perbandingan hasil belajar siswa melalui Penerapan Metode Pembelajaran Saintifik Dan Metode Pembelajaran Konvensional Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian yaitu Two Group Post test-Only. Sampel penelitian ini menggunakan Purposive Sampling yang berjumlah 48 siswa, yaitu 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan 24 siswa sebagai kelas kontrol. Tehnik pengambilan data dengan menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara, tehnik test dan tehnik analisis data menggunakan uji homogenitas varians dan uji t. Hasil penelitian menunjukan, rata-rata Posttest kelas eksperimen 81,58, sedangkan untuk kelas kontrol 76,41, selanjutnya perhitungan pengujian homogenitas varians di uji dengan menggunakan uji F diperoleh Fhitung < Ftabel = 1,30 < 2,00. Hal ini menunjukan bahwa data populasi varians bersifat homogen. Sedangkan pengujian hipotesis menunjukan bahwa thitung > ttabel = 2,53 > 2,41. Hal ini menunjukan bahwa H0 ditolak dan HA diterima berarti ada perbedaan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan Metode Pembelajaran Saintifik dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan Metode Pembelajaran konvensional. Kata kunci : Metode pembelajaran Saintifik, Metode Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar Siswa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011