ESSAY

Writer / NIM
MALA N. KATILI / 911413015
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Advisor 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstract
PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS DI SMA NEGERI 1 PAGUAT KABUPATEN POHUWATO Mala katili1), Dr. H. Usman Moonti, M.Si2), Agil Bahsoan, S.Ag, M.Ag2) 1)Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, 2)Dosen Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo Jl. Jend. Sudirman No. 6 Kota Gorontalo 96128 ABSTRAK Mala Katili. 911 413 015. 2017. Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS Di SMA Negeri 1 Paguat Kabupaten Pohuwato. Program Studi S1 pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo, Dibawah bimbingan Bapak Dr.H.Usman Moonti, M.Si dan Bapak Agil Bahsoan, S.Ag, M.Ag. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS di SMA Negeri 1 Paguat Kabupaten Pohuwato. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif sampel dalam penelitian sebanyak 55 orang. Data dalam penelitian ini didapatkan dengan cara menyebarkan kuesioner atau angket dengan skala likert dan dokumentasi kepada siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Paguat Kabupaten Pohuwato. Metode analisis yang digunakan adalah analsisi regresi sederhana. Validitas yang digunakan adalah korelasi pearson yang menunjukkan instrumen tersebut valid. Uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach yang menunjukkan indeks reliabilitas 0,266 untuk instrumen Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah (X) sedangkan untuk instrumen Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Y) dilihat dari hasil belajar siswa berupa nilai raport pada mata pelajaran ekonomi. Sebelum dilakukan anilsis data, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas data yang menunjukkan data variabel X dan Y berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh 92,16% variasi yang terjadi pada variabel X (Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah) dapat dijelaskan oleh variabel Y (Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi), dan sisanya 7,84% diduga dipengaruhi oleh fator lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Ini berarti bahwa Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah berpengaruh positif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS Di SMA Negeri 1 Paguat Kabupaten Pohuwato. Kata kunci: Perpustakaan Sekolah, Hasil belajar siswa.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011