ESSAY

Writer / NIM
FEBRIANTI A. POLUTU / 911413026
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dr. Dra. Ha. SRI ENDANG SALEH, M.Si / 0013096708
Advisor 2 / NIDN
RUSTAM TOHOPI, S.Pd., M.Si / 0024037905
Abstract
ABSTRAK Febrianti A. Polutu. NIM 911413026. 2017. "Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran THINK PAIR SHARE Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII-A Di SMP NEGERI I Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dr. Dra. Hj. Sri Endang Saleh, M.Si. Pembimbing II : Rustam Tohopi, S.Pd,.M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dalam pembelajaran IPS kelas VIII-A di SMP Negeri I Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas tipe TPS yang dibagi dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri I Bongomeme Kabupaten Gorontalo dengan karakteristik subjek penelitian adalah kelas VIII-A dengan jumlah siswa 23 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada observasi awal 11 orang (47.83%) yang memperoleh nilai >75, pada siklus I naik menjadi 15 orang (65.22%) yang memperoleh nilai >75 pada tindakan siklus II, ternyata hasil belajar siswa terjadi peningkatan, yang mendapat nilai >75 berjumlah 20 orang siswa (86.96%) dengan demikian penggunaan model Thing Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS khususnya kelas VIII-A di SMP Negeri I Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran TPS
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011