ESSAY

Writer / NIM
MOHAMAD TOU / 911413050
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Advisor 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstract
ABSTRAK Mohamad Tou. 911413050. Penerapan Metode Cooperative Script dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-A Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu SMP Negeri 1 Batudaa Kabupaten Gorontalo Provinsi Gorontalo. 2020. Bimbingan Bapak Dr. Usman Moonti, M.Si dan Ibu Melizubaida Mahmud, M.Si Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Batudaa Kabupaten Gorontalo tahun 2019-2020. Masalah pokok dalam penelitian tindakan kelas ini, yakni rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu. Dengan tujuan utama penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu dengan Metode Cooperative Script. Bertitik tolak dari rumusan masalah diatas maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah dengan menggunakan metode cooperative script dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII-A SMP Negeri 1 Batudaa Kabupaten Gorontalo. SIKLUS I : Hasil belajar dari 27 siswa yang dikenai tindakan 17 siswa yang memperoleh nilai 75 atau 75 % sebesar 62.97% dan 10 siswa yang memperoleh nilai 75 sebesar 37.03%. Dengan demikian perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya karena belum memenuhi indikator kinerja yang ditetapkan. SIKLUS II : Hasil belajar dari 27 siswa yang dikenai tindakan 23 siswa yang memperoleh nilai 75 atau 75 % sebesar 85.19% dan 4 siswa yang memperoleh nilai 75 sebesar 14.81%. Dengan demikian indikator kinerja yang telah ditetapkan dapat dipenuhi. Jadi pelaksanaan tindakan Siklus I dan Siklus II terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa dengan menggunakan metode cooperative script. Dengan demikian hipotesis tindakan yang telah dirumuskan yakni jika guru menggunakan metode cooperative script maka hasil belajar siswa akan meningkat Telah teruji dengan benar dan dapat diterima. Kata Kunci : Cooperative Skript, Hasil Belajar Siswa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011