ESSAY

Writer / NIM
WIWIN ABDULLAH / 911413056
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Advisor 2 / NIDN
RUSTAM TOHOPI, S.Pd., M.Si / 0024037905
Abstract
ABSTRAK Wiwin Abdullah, Nim 911 413 056. "Meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan model Numbered Head Together (NHT)pada mata pelajaran IPS ekonomi di MTs. Al-Khairaat Paguat Kabubaten Pohuwato Provinsi Gorontalo" Skripsiini Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, UniversitasNegeriGorontalo. Pembimbing 1 Dr. H. Usman Moonti, M.Si. Pembimbing II RustamTohopi, S.Pd, M.Si. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan rumusan masalah" Apakah dengan menggunakan model Numbered Head Together (NHT) hasil belajar siswa kelas VIII MTs. AL-Khairaat Paguat meningkat? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi di kelas VIII Muaz Bin Zabbal MTs. Al-Khairaat Paguat Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo, Bejumlah 15 orang siswa yang terdiri dari 8 jumlah siswa laki-laki dan 7 orang siswa perempuan, penelitian ini di laksanakan 2 (dua) siklus. Variabel output penelitian ini berupa meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII Muaz Bin Zabbal yang memperoleh nilai 75 keatas pada mata pelajaran IPS Ekonomi dari 26.67% menjadi 86.67%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, Observasi awal dari jumlah 15 orang siswa hanya memperoleh 26.67% memperoleh nilai tuntas dengan nilai rata-rata diatas 75, pada saat cara belajar diubah Pada siklus 1 menunjukan nilai rata-rata kelas 76.13 dan ketuntasan klasikal 26.67%, iklus II nilai rata-rata kelas meningkat 79.46% dan ketuntasan 86.67%. hipotesis yang berbunyi " Jika guru menggunakan model pembelajaran Numbered head Together maka hasil belajar siswa pada IPS Ekonomi di kelas VIII Muaz Bin Zabbal MTs. Al- Khairaat Paguat Meningkat dan dapat diterima" Kata kunci : Hasil belajar siswa dan Model Pembelajaran Numbered head Together
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011