ESSAY

Writer / NIM
SUKRIYANTO SY. ADAM / 911413110
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Advisor 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstract
ABSTRAK Sukriyanto Adam, Nim 911 413 110 "MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK ALMAMATER TELAGA DI KELAS XI TKJ KABUPATEN GORONTALO" Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Konsentrasi PerkantoranJurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Bapak Dr. H. Rosman Ilato, M.Pd dan Bapak Roy Hasiru, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing I dan pembimbing II. Tujuan peneliti adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif Tipe Group Investigation (GI) pada mata pelajaran Kewirausahaan kelas XI Teknik Komputer Jaringan SMK Almamater Telaga Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Dengan subjek penelitian berjumlah 30 orang. Variabel penelitian terdiri dari variabel input, proses dan output. Prosedur penelitian terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan analisis refleksi. Tekhnik pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan aktivitas guru, lembar aktivitas siswa dan lembar test untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah menjawab hipotesis yang berbunyi "Jika guru menerapkan Model pembelajaran Group Investigation (GI) dalam pembelajaran Kewirausahaan, maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Teknik Komputer Jaringan SMK Almamater Telaga Kabupaten Gorontalo" dapat diterima karena didukung dengan hasil analisis data: 1) siswa yang memperoleh hasil belajar minimal 75 meningkat dari 23,33% hasil observas iawal menjadi 50% hasil siklus I dan meningkat lagi menjadi 83,33% hasil siklus II, 2) hasil pengamatan kegiatan guru yang termasuk pada kategori sangat baik dan baik meningkat dari 79,13% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II, 3) hasil pengamatan kegiatan siswa yang termasuk pada kategori sangat baik dan baik meningkat dari 31,82% pada siklus I menjadi 81,82% pada siklus II. Kata kunci: HasilBelajar, Group Investigation (GI)
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011