ESSAY

Writer / NIM
SUKMAWATI / 911413154
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Advisor 2 / NIDN
RUSTAM TOHOPI, S.Pd., M.Si / 0024037905
Abstract
Sukmawati, 911413154. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran The Learning Cell Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di Kelas Xi IpsSmaNegeri 4 Gorontalo, Skripsi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, 2020. Dr. RosmanIlato, M.Pd selaku pembimbing I dan RustamTohopi, S.Pd.,M.Si selaku pembimbing II. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Gorontalo dengan menggunakan metode The Learning Cell pada mata pelajaran IPS Terpadu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini diawali dengan observasi awal, kemudian dilakukan pemberian tindakan. Penelitian dilakukan dalam 2 kali siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa: penerapan metode pembelajaran the learning cell dapat meningktakan hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Gorontalo pada mata pelajaran IPS Terpadu. Pada siklus I Menunjukan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa yang dikenai tindakan yakni 28 orang siswa terdapat 67.86% yang memperoleh nilai 75 ke atas sedangkan presentase ketuntasan tersebut meningkat pada siklus II, dimana 25 dari 28 siswa atau 89.29% dinyatakan tuntas belajar. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa melalui penerapan metode pembelajaran the learning cell pada mata pelajaran IPS terpadu kelas XI IPS SMA Negeri 4 Gorontalo Meningkat. Kata Kunci :HasilBelajarSiswa, MetodePembelajaranThe Learning Cell
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011