Writer / NIM
						SUKMAWATI / 911413154
						Study Program
						S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
						Advisor 1 / NIDN
						Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
						Advisor 2 / NIDN
						RUSTAM TOHOPI, S.Pd., M.Si / 0024037905
						Abstract
						Sukmawati, 911413154. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran The Learning Cell Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di Kelas Xi IpsSmaNegeri 4 Gorontalo, Skripsi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, 2020. Dr. RosmanIlato, M.Pd selaku pembimbing I dan RustamTohopi, S.Pd.,M.Si selaku pembimbing II.
Tujuan  penelitian tindakan  kelas ini adalah untuk  meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Gorontalo dengan menggunakan metode The Learning Cell pada mata pelajaran IPS Terpadu.
Metode  yang digunakan dalam penelitian  ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini diawali dengan observasi awal,  kemudian dilakukan pemberian tindakan. Penelitian dilakukan dalam 2 kali siklus.
Hasil  penelitian  menunjukan  bahwa:  penerapan metode pembelajaran the learning cell dapat meningktakan hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Gorontalo pada mata pelajaran IPS Terpadu. Pada siklus I  Menunjukan  bahwa  ketuntasan hasil belajar siswa yang  dikenai  tindakan  yakni  28 orang  siswa terdapat  67.86% yang memperoleh nilai 75 ke atas sedangkan presentase ketuntasan tersebut meningkat pada siklus II, dimana 25 dari 28 siswa atau 89.29% dinyatakan tuntas belajar.
Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa melalui penerapan metode pembelajaran the learning cell pada mata pelajaran IPS terpadu kelas XI IPS SMA Negeri 4 Gorontalo Meningkat. 
Kata Kunci :HasilBelajarSiswa, MetodePembelajaranThe Learning Cell
						Download files