ESSAY

Writer / NIM
AGUSTINA MERDEKAWATI. A. M. ADAM / 911413168
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Advisor 2 / NIDN
BOBY RANTOW PAYU, S.Si, ME / 0022088302
Abstract
Agustina Merdekawati A.M Adam. 911413168. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di Mts, Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo.. Pembimbing I Ibu Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd dan Pembimbing II Bapak Boby Rantow Payu, S. Si, ME Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu melalui penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning di Kelas VIII di Mts, Negeri 1 LImboto Kabupaten Gorontalo. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian tindakan kelas. Penelitian ini diawali dengan observasi awal, kemudian dilakukan pemberian tindakan. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini berjumlah 24 siswa, laki-laki berjumlah 16 orang siswa dan perempuan berjumlah 8 orang siswa. Hasil menujukan bahwa : penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII Di Mts, Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontalo.. Peningkatan hasil belajar diperoleh dari hasil evaluasi setiap siklus, dimana siklus I menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa yang telah dilakukan tindakan dari 24 orang siswa terdapat 12 orang siswa atau dengan presentase 50% yang memperoleh nilai 75 ke atas, dan pada siklus II yang memperoleh nilai di atas 75 meningkat menjadi 18 orang siswa atau dengan presentase 75%. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa peneliti telah mencapai target keberhasilan,tidak perlu dilanjutkan pada siklus berikutnya. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa,Model Pembelajaran Problem Based Learning
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011