ESSAY

Writer / NIM
NUR'AIN DATAU / 911413174
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Hj. IRAWATI ABDUL, SE, M.Si / 0009027402
Advisor 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstract
Nur'Ain Datau, Nim 911413174" Penerapan Metode Pemberian Tugas dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas X Ips di SMA Negeri 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo". Program studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Hj. Irawati Abdul, SE, M.Si dan pembimbing II Roy Hasiru, S.Pd, M.Pd Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi melalui penerapan metode pemberian tugas pada mata pelajaran Ekonomi kelas X IPS di SMA Negeri 1 Tibawa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas(PTK) sampel penelitian berjumlah 31 orang siswa kelas X IPS. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pelaksanaan penelitian terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II yang terdiri dari variabel input, variable proses, dan variable output. Hasil analisis pada siklus I yaitu menunjukan bahwa ketuntasan belajar siswa yang dikenai tindakan 31 orang siswa terdapat 13 orang siswa atau (41,94%) yang memperoleh nilai 70, sedangkan 18 orang siswa atau (58,06) memperoleh nilai 70 dengan nilai rata-rata kelas adalah 61,35%. Presentase ketuntasan belajar tersebut meningkat pada siklus II dimana dari 31 orang siswa yang dikenai tindakan yang mencapai ketuntasan adalah 25 orang siswa atau (80,65%) yang memperoleh nilai 70 keatas dan 6 orang siswa atau (19,35%) memproleh nilai 70 dengan nilai rata-rata kelas adalah 79,35%, maka 6 orang yang tiak tuntas dilakukan remedial. Kata Kunci: Metode Pemberian Tugas, Hasil Belajar Siswa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011