ESSAY

Writer / NIM
ANUGRA A. UNTUBA / 911413182
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Advisor 2 / NIDN
Hj. IRAWATI ABDUL, SE, M.Si / 0009027402
Abstract
ABSTRAK ANUGRAH A. UNTUBA. 911 413 182. "Penerapan Model Pembelajaran Direct intrution (DI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kearsipan Dikelas X ADP 1 SMK Negeri 1 Limboto. Program studi S-1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Ibu, Dra. Irina Popoi. M.Pd dan Pembimbing 2 Ibu, Hj, Irawati Abdul, SE, M.Si. Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kearsipan melalui penerapan model pembelajaran Direct Intruction (Pembelajaran Langsung) di kelas X ADP 1 SMK Negeri 1 Limboto. Metode penilitian yang di gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sampel penelitian berjumlah 24 orang siswa dengan 4 orang laki-laki dan 20 orang perempuan di kelas X ADP 1 pada mata pelajaran Kearsipan. Hasil penelitian bahwa pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan II. Hasil analisis pada siklus I menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa dikenai tindakan dari 24 orang siswa terdapat 9 orang siswa atau 37,5% memperoleh nilai â 75 sedangkan 15 orang siswa atau 62,5% memperoleh nilai > 75, presentase ketuntasan tersebut meningkat pada siklus II dimana 24 orang siswa yang dikenai tindakan yang mencapai ketuntasan 22 orang siswa (91.67%) memperoleh nilai 75 keatas dan 2 orang siswa (8.33%) memperoleh nilai kurang dari 75 kebawah. Dan 2 orang siswa di remedial dengan tujuan agar hasil belajarnya bisa mencapai ketuntasan. Kesimpulan dari peneliti ini bahwa penggunaan model pembelajaran Direct Intruction (Pembelajaran Langsung) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kearsipan Di SMK Negeri 1 Limboto, Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci : Model Pembelajaran Direct Intruction (Pembelajaran Langsung),Hasil Belajar Siswa.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011