ESSAY

Writer / NIM
USMAN DJABA / 911413193
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dr. SRI ENDANG SALEH, M.Si / 0013096708
Advisor 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas Belajar siswa kelas VII A SMP Negeri Molibagu 2019/2020 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri Molibagu tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 30 siswa. ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahap pelaksanaan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Aktivitas Belajar meningkat setelah diberi tindakan. Peningkatan persentase Aktivitas Belajar siswa berdasarkan observasi dari siklus I adalah 64 Persen menjadi 79 persen pada siklus II. Peningkatan persentase Aktivitas Belajar siswa berdasarkan angket dari siklus I adalah 81 persen menjadi 88 persen pada siklus II. Ketercapaian Aktivitas Belajar siswa secara individu dengan kategori Sangat Tinggi dan Tinggi berdasarkan observasi adalah 53 persen pada siklus I meningkat menjadi 87 Persen pada siklus II. Ketercapaian Aktivitas Belajar siswa secara individu dengan kategori Sangat Tinggi dan Tinggi berdasarkan angket adalah 87 Persen pada siklus I meningkat menjadi 97 Persen pada siklus II. Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI), Aktivitas Belajar Siswa.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011