ESSAY

Writer / NIM
JIHAN KADIR / 911414004
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Advisor 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstract
Jihan Kadir Nim 911 414 004 "Penggunaan Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 6 Gorontalo Utara". Program Studi S-1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan Dr. H. Rosman Ilato., M.Pd dan Agil Bahsoan, S.Ag. M.Ag Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 6 Gorontalo Utara. Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sampel penelitian berjumlah 32 orang siswa dengan 13 orang laki-laki dan 19 orang perempuan di Kelas X SMA Negeri 6 Gorontalo Utara dan dilaksanakanada mata pelajaran Ekonomi. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan II. Hasil analisis pada siklus I yaitu menunjukan bahwa ketuntasan belajar siswa yang dikenai tindakan dari 32 orang siswa terdapat 10 orang siswa (31,25%) memperoleh nilai 75 sedangkan 22 orang siswa (68,75%) memperoleh nilai 75 dengan nilai rata-rata kelas 71,57. Presentase ketuntasan tersebut meningkat pada siklus II dimana 32 orang siswa yang dikenai tindakan yang mencapai ketuntasan adalah 30 orang siswa (93,75%) memperoleh nilai 75 dan 2 orang sisanya (6,25%) memperoleh nilai kurang dari 75 dengan nilai rata-rata kelas 85,15 dan 2 orang siswa yang belum tuntas diremedial kembali dengan tujuan agar hasil belajarnya bisa mencapai ketuntasan. Kata Kunci : Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here, Hasil Belajar Siswa.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011