ESSAY

Writer / NIM
SHINTIA ZOHRA NIU / 911414128
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Advisor 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstract
ABSTRAK Shintia Zohra Niu, Nim 911 414 128. 2018. "Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Arends Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IIS Di SMA Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo". Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Konsentrasi Akuntansi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Bapak Dr. H. Usman Moonti, M.Si, Selaku Pembimbing I dan ibu Melizubaida Mahmud, S.Pd., M.Si Selaku Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe time token arends pada mata pelajaran Ekonomi kelas X IIS'1 di SMA Negeri 1 Telaga Biru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IIS'1 SMA Negeri 1 Telaga Biru. Tekhnik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe time token arends dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan materi pokok manajemen. Pada siklus I, tes hasil belajar siswa menunjukkan persentase ketuntasan adalah 46.67 % dengan nilai rata-rata kelas 63.7. Selanjutnya pada siklus II, tes hasil belajar siswa meningkat dengan persentase ketuntasan 86.67 % dan nilai rata-rata kelas 79.13. Sehingga hipotesis penelitian "jika guru menerapkan Model pembelajaran kooperatif tipe Time Token Arends maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di kelas X IIS'1 SMA Negeri 1 Telaga Biru meningkat" dapat diterima karena telah teruji benar berdasarkan hasil tindakan dalam penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan. Kata kunci : Time Token Arends, hasil belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011