ESSAY

Writer / NIM
NARTI MOHA / 911414169
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dr. Dra. Ha. SRI ENDANG SALEH, M.Si / 0013096708
Advisor 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstract
ABSTRAK Narti Moha, Nim 911414169. 2018. "Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Jurusan IPS Di SMA Negeri 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo". Program Studi Pendidikan Ekonomi, Kosentrasi Perkantoran, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Ibu Dr. Sri Endang Saleh, M.Si Selaku Pembimbing I dan ibu Melizubaida Mahmud, S.Pd.,M.Si Selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Jurusan IPS Di SMA Negeri 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 53 siswa dari populasi 115 siswa, yang terbagi di empat kelas. yaitu kelas X IPS1 X IPS2 X IPS3 dan X IPS4. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan propotional random sampling. Dengan pengambilan data melalui observasi, angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan uji normalitas data, analisis regresi dan hipotesis penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pendekatan saintifik berpengaruh positif terhadap Aktivitas Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Dari hasil perhitungan koefisien korelasi diperoleh pengaruh antara variabel X dan variabel Y sebesar 56 persen, sedangkan sisanya sebesar 44 persen dipengaruhi oleh variabel lain. Dengan demikian semakin baik pengaruh pendekatan saintifik maka akan meningkatkan aktivitas belajar siswa. Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, aktivitas belajar siswa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011