ESSAY

Writer / NIM
RATNI H. PULUHULAWA / 911415060
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Advisor 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstract
ABSTRAK Ratni Puluhulawa 911415060 "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFE) Di Kelas X Akuntansi SMK Negeri 4 Kota Gorontalo skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Konsentrasi Perkantoran, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan Ibu Dra Hj. Salma Bowtha.,M.Pd dan Ibu Melizubaida Mahmud, S,Pd.,M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi pada mata pelajaran Ekonomi di SMK Negeri 4 Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFE) yang dilaksanakan dalam II siklus, dengan jumlah siswa 30 orang. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak II siklus yaitu : pada siklus I, dari 30 siswa kelas X Akuntansi yang memperoleh nilai Besar dari 75 sebanyak 16 orang siswa (53,34%) sedangkan yang memperoleh nilai Kurang dari 75 sebanyak 14 orang siswa (46,66%). Pada siklus II meningkat dengan nilai Besar dari 75 sebanyak 26 orang siswa (86,66%) sedangkan yang memperoleh nilai Kurang dari 75 sebanyak 4 orang siswa (13,34%). Ini terbukti bahwa penerapan model Student Facilitator And Explaining (SFE) dapat meningkatka hasil belajar siswa kelas X Akuntansi. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011