ESSAY

Writer / NIM
ARWIN Y. USMAN / 911415077
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Advisor 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstract
ABSTRAK Arwin Y. Usman, 911415077."Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Scprit Di Kelas VIII-1 Smp Negeri 2 Telaga Kabupaten Gorontalo, Skripsi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Georontalo, 2019. Dra. Salma Bowtha, M.Pd, selaku Pembimbing I dan Roy Hasiru M.Pd, selaku Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui penggunaan model pembelajaran Cooperative Script di Kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Telaga Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini diawali dengan observasi awal, kemudian dilakukan pemberian tindakan. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini berjumlah 24 siswa, laki-laki berjumlah 16 orang siswa dan perempuan berjumlah 8 orang siswa. Hasil penelitian menujukkan bahwa: penerapan model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Telaga kabupaten Gorontalo. Peningkatan hasil belajar diperoleh dari hasil evaluasi setiap siklus, dimana siklus I menujukan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa yang telah dilakukan tindakan dari 24 orang siswa terdapat 15 orang siwa atau dengan presentase 62,5% yang memperoleh nilai 75 ke atas, dan pada siklus II yang memperoleh nilai di atas 75 meningkat menjadi 21 orang siswa atau dengan presentase 87,5%. Dengan demikian penerapan model Cooperative Script, memiliki dampak yang positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS, dapat diterima. Kata Kunci : Model Pembelajaran Cooperative Script Dan Hasil Belajar Siswa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011