ESSAY

Writer / NIM
SITI MARLINA BOBIHU / 911415078
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Advisor 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstract
Siti Marlina Bobihu, Nim 911 415 178. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X-IPS 1 Di SMA Negeri 1 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Konsentrasi Akuntansi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Ibu Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd, Selaku Pembimbing I dan ibu Melizubaida Mahmud, S.Pd., M.Si Selaku Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write pada mata pelajaran Ekonomi kelas X-IPS 1 di SMA Negeri 1 Limboto Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-IPS 1 SMA Negeri 1 Limboto Barat. Tekhnik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan materi pokok manajemen. Pada siklus I, tes hasil belajar siswa menunjukkan presentase ketuntasan adalah 48.27% dengan nilai rata-rata kelas 62.44. Selanjutnya pada siklus II, tes hasil belajar siswa meningkat dengan presentase ketuntasan 82.75 % dan nilai rata-rata kelas 78.62. Sehingga hipotesis penelitian jika guru menerapkan Model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di kelas X-IPS 1 SMA Negeri 1 Limboto Barat meningkat dapat diterima karena telah teruji benar berdasarkan hasil tindakan dalam penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan. Kata kunci : Think Talk Write, hasil belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011