ESSAY

Writer / NIM
MISNA H. UMAR / 911415142
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Advisor 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstract
ABSTRAK Misna H. Umar, 911415142. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Siswa Memecahkan Masalah Pada Mata Pelajaran IPS terpadu Kelas VIII Di SMP Negeri 8 Kota Gorontalo”. Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan Bapak Dr. H. Usman Moonti, M.Si dan Bapak Agil Bahsoan, S.Ag, M.Ag. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran PBL terhadap kemampuan siswa memecahkan masalah pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII di SMP Negeri 8 Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 41 responden. Data yang digunakan dalam penelitian yaitu angket/kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel X (Model pembelajaran PBL) berpengaruh positif terhadap variabel Y (Kemampuan siswa memecahkan masalah), dan hasil koefisien determinasi (R2) sebesar 0,331. Hal tersebut mejelaskan bahwa sebesar 33.1% dari variabel bebas (Model pembelajaran PBL) di kelas VIII Di SMP Negeri 8 Kota Gorontalo memiliki kontribusi untuk mempengaruhi kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII Di SMP Negeri 8 Kota Gorontalo. Adapun sisanya sebesar 66.9% dari kemampuan siswa dalam memecahkan masalah memungkinkan untuk dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan pada penelitian ini. Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan Siswa Memecahkan Masalah
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011