ESSAY

Writer / NIM
LOLA WATI DAUD / 911415144
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dr. RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Advisor 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstract
ABSTRAK Lolawaty Daud. NIM 911 415 144. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII Di SMP Negeri 8 Kota Gorontalo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah Bimbingan Ibu Dr. Radia Hafid,.,M.Si Sebagai Pembimbing I dan Ibu Melizubaida Mahmud, S.Pd.,M.Si Sebagai Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII Di SMP Negeri 8 Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 8 Kota Gorontalo. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Natoatmodjo dengan jumlah sampel penelitian ini berjumlah 32 Responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII Di SMP Negeri 8 Kota Gorontalo, yang berarti semakin tinggi penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) maka akan diikuti peningkatan hasil belajar siswa, sebaliknya semakin rendah penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) akan diikuti hasil belajar siswa yang semakin rendah. Koefisien determinasi dalam penelitian ini 31.7% yang berarti variabilitas hasil belajar siswa dapat dijelaskan oleh penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) sebesar 31.7%. Kata Kunci : Contextual Teaching And Learning (CTL), Hasil Belajar Siswa
Download files

ARCHIVES

2025
Year Essay 2025
2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011