ESSAY

Writer / NIM
RIRIN BUKENI / 911416015
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. MUHAMMAD AMIR ARHAM, M.E. / 0025077203
Advisor 2 / NIDN
Dr. RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstract
Ririn Bukeni. 911416015. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Dimasa Pandemi Covid 19 Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan BapakDr. Muhammad Amir Arham, M.E selaku pembimbing 1 dan Ibu Dr.Radia Hafid, S.Pd, M.Si selaku pembimbing 2. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Dimasa Pandemi Covid 19 Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango.Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan saintifik dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif. adapun jumlah sampel sebanyak 61siswa dalam penelitian ini teknik pengumpulan datanya ada observasi, kuesioner dan dokumentasi sedangkan untuk teknik analisis data melalui uji normalitas data, analisis regresi linier sederhana, koefisien korelasi dan determinasi serta uji t. Hasil Penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dimasa Pandemi Covid-19 pada mata pelajaran IPS kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango dengan nilai koefisien determinasi sebesar 52,20%. Adapun pengaruh dari variabel lain terhadap hasil belajar siswa sebesar 47,80% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Hasil positif menunjukan bahwa semakin kreatif dan inovatif guru dalam pemanfaatan model pembelajaran Discovery Learning akan mendorong siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango memiliki hasil belajar yang baik dimasa Pandemi Covid-19 pada mata pelajaran IPS. Nilai koefisien determinasi R2 sebesar 0,522. Nilai ini berarti bahwa sebesar 52,20% hasil belajar siswa dimasa pandemic covid 19 pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di SMP Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango dipengaruhi oleh model pembelajaran Discovery Learning. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Discovery Learning
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011