Writer / NIM
WIDYAWATI AR KIBAS / 911416046
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Advisor 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstract
Abstrak
Widyawati AR. Kibas. 911 416 046. Hasil penelitian. Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas Xlll di SMP Negeri 6 Kota Gorontalo. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan ibu Dra Irina, Popoi, M.Pd dan Bapak Roy Hasiru S.Pd, M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui " Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas Vlll Di SMP Negeri 6 Kota GorontaloÃ�ÂÂ.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif, dengan jumlah sampel 60 siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi linear sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa disiplin belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas Xlll di SMP Negeri 6 Kota Gorontalo. Hasil koefisien positif menunjukan bahwa semakin baik Dan efektif disiplin belajar siswa dalam pembelajaran maka semakin tinggi pula hasil belajar siswa dengan nilai determinan 19,32 % dan sisanya 80,68% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti, teman sebaya, keluarga, ketersediaan fasilitas belajar, media pembelajaran, metode pembelajaran dan model pembelajaran.
Kata kunci: Disiplin Belajar, Hasil Belajar, Siswa
Download files