ESSAY

Writer / NIM
NEFA ALFIONITA BASIRU / 911416069
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Advisor 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstract
ABSTRAK NEFA ALFIONITA BASIRU, NIM: 911416069, 2022, "PELAKSANAAN PENILAIAN HASIL BELAJAR SISWA BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI MASA PANDEMI COVID-19 DI MTS AL-ISHLAH KOTA GORONTALO" �. Program S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontao dengan ibu Melizubaida Mahmud, S.Pd, M.Pd Selaku Pembimbing I Dan Pembimbing II Bapak Agil Bahsoan, S.Ag, M.Ag Tujuan Penelitian Ini : 1) Untuk mengetahui pelaksanaan penilaian hasil belajar di masa pandemi Covid-19 terhadap kompetensi sikap spritual, sikap sosial, pengetahuan dan ketrampilan dalam kurikulum 2013 di MTS Al-Ishlah Kota Gorontalo. 2) Untuk mengetahui Faktor-faktor apa yang menjadi kendala dalam penilaian hasil belajar dimasa pandemi di MTS Al-Ishlah Kota Gorontalo. 3) Untuk mengetahui upaya apa yang dilakukan untuk memudahkan guru dalam pelaksanaan penilaian hasil belajar di masa pandemi Covid-19 di MTS Al-Ishlah Kota Gorontalo. Hasil penelitian Menunjukan Bahwa : (1) penilaian sikap spiritual dan sikap sosial yang dilakukan guru hanya berupa pengamatan pada perilaku menonjol, bukan pada frekuensi perilaku. Selain itu guru belum menggunakan lembar observasi dalam melaporkan pengamatan yang telah dilakukan; (2) pelaksanaan penilaian kompetensi pengetahuan terlaksana sesuai dengan teknik penilaian hasil belajar dalam kurikulum 2013; (3) pelaksanaan penilaian kompetensi keterampilan masih belum semuanya dilakukan. Penilaian yang dilakukan oleh beberapa guru untuk keterampilan diantaranya unjuk kerja/praktek dan observasi diskusi kelompok. Sedangkan untuk portofolio serta projek hanya dilaksanakan oleh beberapa guru. Kendala guru dalam melaksanakan penilaian hasil belajar dalam kurikulum 2013 merujuk pada cara menilai secara teknis dan administratif. Misalnya, butuh banyak waktu yang digunakan untuk melakukan penilaian hasil belajar terhadap peserta didik secara jeli. . Kesimpulan yang dapat diambil adalah pelaksanaan penilaian hasil belajar yang dilaksanakan oleh guru-guru di MTs Al-ishlah Kota Gorontalo masih belum optimal. Selain itu, perlu ada sosialisasi mendetail mengenai administratif penilaian tentang penilaian hasil belajar dalam kurikulum 2013 agar dapat dilakukan secara optimal. Kata Kunci : Penilaian hasil Belajar, Kurikulum 2013
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011