Writer / NIM
						SUSANTI PULUWALO / 911416097
						Study Program
						S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
						Advisor 1 / NIDN
						Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
						Advisor 2 / NIDN
						SRI INDRIYANI S DAI, SE, ME / 0024018402
						Abstract
						SUSANTI PULUWALO. NIM 911 416 097. Skripsi Pengaruh Fasilitas Pembelajaran 
Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII MTs Negeri 1 Kota Gorontalo. Program 
Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas 
Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Bapak Dr. H. Rosman Ilato, M.Pd dan Ibu Sri 
Indriyani S Dai, SE, ME
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas pembelajaran terhadap motivasi 
belajar siswa kelas VII MTs Negeri 1 Kota Gorontalo. Pada penelitian ini peneliti menggunakan 
pendekatan kuantitatif, dengan metode Ex-Post Facto sampel penelitian adalah siswa yang 
berjumlah 51 orang. Teknik pengempulan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan cara 
memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawab. 
Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linier sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa fasilitas pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan 
terhadap motivasi belajar siswa kelas VII MTs Negeri 1 Kota Gorontalo. Hasil koefisien positif 
menunjukan bahwa semakin lengkap fasilitas pembelajaran maka akan semakin tinggi pula 
motivasi belajar siswa. Kemudian nilai koofisien determinan sebesar 90,0 persen sementara 
sisanya sebesar 10,0 persen dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini 
yaitu faktor internal siswa seperti kemampuan, kemauan siswa, bakat siswa serta faktor eksternal 
yakni keterampilan mengajar guru, motivasi orang tua, model pembelajaran dan peran kepala 
sekolah.
Kata Kunci : Fasilitas Pembelajaran, Motivasi Belajar
						Download files