ESSAY

Writer / NIM
RAHMAN LATEDU / 911416101
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
RAFLIN HINELO, S.Pd.,M.Si / 0018067304
Advisor 2 / NIDN
BOBY RANTOW PAYU, S.Si, ME / 0022088302
Abstract
ABSTRAK Rahman Latedu. 911416101. 2020. Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Perbankan Dasar Di Kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Gorontalo. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Bapak Raflin Hinelo, S.Pd., M.Si dan Bapak Boby Rantow Payu, S.Si., ME. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Perbankan Dasar Di Kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, penyebaran angket dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pendekatan kontekstual berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Perbankan Dasar Di Kelas X Akuntansi 2 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Gorontalo. Koefisien regresi positif menunjukan bahwa peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Perbankan Dasar Di Kelas X Akuntansi 2 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Gorontalo dilatar belakangi oleh adanya penerapan pendekatan kontekstual yang diajarkan oleh guru dalam mata pelajaran tersebut, karena pendekatan ini memiliki berbagai kelebihan yang mampu menstimulasi siswa agar lebih aktif dalam berpikir untuk paham mengenai konsep dan konteks dari pelajaran. Nilai koefisien determinasi R2 sebesar 0,301. Nilai ini berarti bahwa sebesar 30,1% motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh pendekatan kontekstual. Adapun pengaruh dari variabel lain terhadap motivasi belajar siswa sebesar 69,9% . Kata Kunci: Motivasi Belajar, Pendekatan Kontekstual
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011